Daily Archives: Agustus 7, 2015

ETIKA KRISTIANI -2 Kewajiban Moral Dalam Hidup Keagamaan

Published by:

Etika Kristiani 2Pengarang : Karl-Heinz Peschke SVD
Jumlah halaman : xiv + 218 halaman
Jenis Kertas : HVS 60 gram
Cover : Ivory 230 grm doft, laminating
Harga : Rp. 35.000
Isi Ringkas :
Setelah memaparkan gagasan-gagasan dasar tentang teologi moral, dengan buku ini pengarang memulai uraiannya tentang tema-tema teologi moral khusus. Jilid ke 2 ini membahas secara lengkap kewajiban-kewajiban moral dalam hidup keagamaan: iman, harapan, kasih dan kebaktian ilahi. Uraian tentang kebajikan-kebajikan kristiani ini selalu dimulai dengan pendasaran biblis, landasan teologis dan petunjuk-petunjuk praktis. Buku ini diakhiri dengan bab yang membicarakan perwujudan dan kewajiban khusus menyangkut kebaktian, seperti doa, hidup sakramen, dan ibadah-ibadah khusus dalam waktu-waktu suci serta penghormatan terhadap Yang Kudus.

ETIKA KRISTIANI -1 Pendasaran Teologi Moral

Published by:

Etika Kristiani 1Pengarang : Karl-Heinz Peschke SVD
Jumlah halaman : xiii + 416 halaman
Jenis Kertas : HVS 60 gram
Cover : Ivory 230 grm doft
Harga : Rp. 60.000
Isi Ringkas :
Buku ini merupakan panduan yang membahas seluruh bidang etika kristiani secara komprehensif. Dalam Jilid pertama ini dibahas teologi moral fundamental-Pendasaran Teologi Moral yang meliputi: hakikat moral dan tujuannya, hakikat hukum moral, hati nurani, jati diri dan keputusan dasar moral, struktur-struktur tindakan moral, dosa/perbuatan jahat secara moral, pertobatan dan panggilan menuju kesempurnaan. Dengan gagasan-gagasan dasar ini pengarang mempersiapkan pembaca untuk mendalami tema-tema moral khusus dalam ketiga jilid selanjutnya.

KEKRISTENAN – Gerakan Universal-Sebuah Ulasan Sejarah Dari Kekristenan Bahari Sampai Tahun 1453

Published by:

KekristenanPengarang : Dale T. Irvin Scott W. Sunquist
Ukuran : 15.5 cm x 22.5 cm
Jumlah halaman : xxvi + 800 halaman
Jenis Kertas Isi : HVS 60 gram
Cover : Ivory 230 grm doft
Harga : Rp. 165.000
ISBN : 978-979-9447-76-3
Buku ini mengupas secara lengkap perkembangan Kekristenan sebagai agama dunia dari awal mulanya hingga jatuhnya Konstantinopel pada tahun 1453. Pendekatan yang digunakan dalam buku ini berbeda dengan pendekatan buku-buku sejarah tradisional mengenai Kekristenan yang kita kenal selama ini, yang pada umumnya terpusat pada konsolidasi agama itu di dunia Barat serta penyebaran selanjutnya ke seantero dunia. Sebaliknya karya ini memperlihatkan bahwa dari awalnya Kekristenan sudah merupakan sebuah agama dunia yang dibentuk dan dibangun melalui saling pengaruh antara injil dan kebudayaan, Gereja dan dunia. Buku ini diperiksa dengan saksama dan diramu oleh sebuah tim yang terdiri dari 43 pakar sebagai konsultan ahli.

SPIRITUALITAS IMAMAT-MOTOR KEHIDUPAN IMAM

Published by:

Spirit Imamat copyPengarang : Dr. Hubertus Leteng
Ukuran : 15.5 cm x 22.5 cm
Jumlah halaman : xvi + 495 halaman
Jenis Kertas Isi : HVS 60 gram
Cover : Ivory 230 grm doft
Harga : Rp. 75.000
ISBN : 978-979-9447-51-8
Dalam buku ini penulis menguraikan jati diri seorang imam dan spiritualitas imamat itu sendiri. Setiap imam selalu bersikap, bertingkah dan bertindak menurut jati dirinya yang benar dalam ikatan ontologis yang mendalam, yang menyatukan imamat dengan Kristus, Sang Imam Agung dan Gembala Baik. Dalam ikatan ontologis ini, hidup maupun kegiatan seorang imam melangsungkan hidup dan kegiatan Kristus sendiri.

ANTROPOLOGI SOSIAL DAN BUDAYA – Sebuah Pengantar

Published by:

ANTROPOLOGI Sosial - depanPengarang : Thomas Hyllan Eriksen
Jumlah Hal. : xvi + 572 hlm.
Ukuran : 15.5 cm x 22.5 cm
Jenis Kertas Isi : HVS 60 gram
Cover : Ivory 230 grm doft
ISBN : 978-979-9447-80-0
Harga : Rp. 95.000
Buku ini merupakan ikhtisan komprehensif mengenai ilmu antropologis social dan budaya. Pelbagai aspek metode kerja cabang ilmu ini dibahas, begitu juga aliran penting dan topic-topik sentral yang lazimnya diuraikan dalam ilmu antropologi. Penulis sendiri menjelaskna tujuan buku ini sebagai berikuti: Sasaran saya dalam buku ini ialah untuk mengajari para mahasiswa-mahasiswi prasarjana baik tentang pokok soal antrologis social maupun tentang suatu cara berpikir yang bercorak antropologis. Saya yakin bahwa kaji banding antara masyarakat dan kebudayaan merupakan sebuah aktivitas intelektual fundamental yang memiliki potensi eksistensial dan politis yang sangat ampuh. Melalui kajian atas aneka ragam masyarakat, kita belajar sesuatu yang hakiki tidak saja tentang dunia, tetapi juga tentang diri kita sendiri. Menyitir kata-kata Kristen Hastrup, apa yang dilakukan para antropolog adalah setali dengan membuat familia itu eksotik dan yang eksotik itu familiar. Oleh karena itu, perbandingan dengan masyarakat “Barat” merupakan sebuah persoalan yang melandasi keseluruhan buku ini, juga bila tema yang tengah dibicarakan bersangkut paut dengan model pemberian hadiah masyarakat Melanesia, ritual orang-orang Malagasi, atau politik kaum Nuer. Bahkan keseluruhan buku ini dapat dibaca sebagai serangkaian “kuliah perbandingan.”

ANTROPOLOGI, PEMBANGUNAN & TANTANGAN PASCAMODERN

Published by:

Antropologi, Pembangunan & Tantangan Pascamodern_depanPengarang : Katy Gardner & David Lewis
Jumlah hal. : xxxviii + 309 hlm.
Ukuran : 14,8 cm x 21 cm
Kertas Isi : HVS 60 gr
Cover : Ivory 230 grm
ISBN : 978-979-9447-81-X
Harga : Rp. 55.000

Antropologi dan pembangunan dalam banyak hal memiliki latar belakang yang sama, namun tidak mudah untuk menemukan hubungan antara keduanya. Para praktisi antropologi sering kali dikelompokkan berdasarkan premis-premis, metode dan objek-objek yang secara luas tidak saling bertemu, bahkan tidak saling mengisi.
Buku ini mengjembatani gap dan menawarkan kepada para pembaca dasar-dasar studi pembangunan. Para penulis berusaha menjawab pertanyaan antropolog. Pada hakikatnya studi ini adalah sebuah kritik antropologis tentang praktik pembangunan konvensional yang berusaha mencari hubungan antara kedua subjek ini. Para penulis buku ini berpendapat bahwa dialog dua arah antara kedua disiplin ini adalah mungkin dan dapat mengangkat pertanyaan-pertanyaan penting tentang pertalian antara yang global dan yang lokal, pemerintah dan masyarakat, kemiskinan dan kuasa. Gardner dan Lewis menggarisbawahi isu-isu sosial kunci dan masalah-masalah pembangunan. Mereka menyimpulkan bahwa perspektif-perspektif antropologis dapat memberikan kontribusi secara positif kepada kebijakan dan praktik pembangunan.

ALLAH MENGGUGAT ALLAH MENYEMBUHKAN

Published by:

Allah Menggugat Allah Menyembuhkan - depanPengarang : Paul Budi Kleden, Otto Gusti Madung (ed.)
Jumlah Hal. : 410 hlm.
Ukuran : 15,5cm x 24cm
Kertas Isi : HVS 60 gr
Cover : Ivory 230 gr
ISBN : 978-979-9447-29-1
Harga : Rp. 60.000

“Allah Menggugat – Allah Menyembuhkan” kami pilih sebagai judul kumpulan tulisan ini, karena inilah intisari gagasan teologis Georg Kirchberger. Semua orang yang akrab dengan bangunan pemikiran Georg akan segera menemukan pernyataan ini sebagai kunci untuk memahaminya. Allah menggugat dan mengintervensi dunia dan sejarah manusia yang disalahurus karena arogansi dan egoisme. Allah yang telah menciptakan manusia dalam kebebasan dan menganugerahkan kemerdekaan kepada bangsa-bangsa untuk menata hidup bersamanya, tidak tinggal diam ketika manusia menyia-nyiakan hidupnya atau tatkala sejumlah bangsa memperlakukan yang lain sebagai hamba yang tidak bernilai. Tuhan tidak bersikap indiferen ketika para pejabat menyalahgunakan kuasanya untuk memperkaya serta memperkuat diri sambil mempertontonkan pola hidup mewah di tengah himpitan ketidakberdayaan warga. Kesaksian agama-agama dan kisah-kisah yang ditemurunkan, seperti kesaksian Kitab Suci orang Yahudi dan Kristen, menunjukkan bagaimana gugatan Allah itu ditafsir dan ditanggapi manusia dalam sejarah.

PLURALISME, DEMOKRASI DAN TOLERANSI

Published by:

Pluralisme, Demokrasi dan Toleransi - depanPengarang : Felix Baghi (ed.)
Jumlah Hal : 554 hlm.
Ukuran : 140mm x 210mm
Kertas Isi : Bookpaper 60 gr
Cover : Fc. Ivory 230 grm, doft, laminating
Harga : Rp. 85.000
ISBN : 978-979-9447-30-5
Pada hakikatnya, demokrasi mengandung nilai-nilai yang inklusif karena demokrasi mempertemukan segala yang berbeda atau yang berlainan melalui satu konsepsi yang disebut human qua citizen – warga negara. Demokrasi menuntut solidaritas dan komitmen dari semua rakyat dengan tingkatan toleransi multikultural yang tinggi. Tutuntan agar demokrasi menjadi lebih optimal hanya mungkin terjadi apabila semua rakyat dapat mengenal satu sama lain, percaya satu sama lain, dan memiliki cita rasa akan komitmen terhadap yang lain. Oleh karena itu, nilai-nilai seperti saling pengertian (mutual understanding), saling menaruh kepercayaan (mutual trust) dan komitmen timbal balik (mutual commitmen) harus senantiasa diperbarui atau dirumuskan secara baru. Ini semua bukan hal yang gampang dalam berpolitik. Kita selalu tergoda untuk jatuh kembali ke dalam cara-cara yang lama sambil menyangkal setiap problem dan situasi politik yang nyata. Ini menyebabkan dilema dalam berdemokrasi.

Mati dan Bangkit Lagi

Published by:

PenuliMati dan Bangkit Lagi - depans : Bernadus Boli Ujan, SVD
Harga : Rp. 40.000
Tebal : 216 hlm.
Ukuran : 140mm x 210mm
Kertas isi : Bookpaper 60 gr
Kertas Cover : Ivory 230gr, doft laminating
ISBN : 978-979-9447-28-3
Semua orang pernah mengalami kejatuhan dengan melakukan kesalahan atau dosa. Namun ada juga hasrat yang amat kuat dan dalam untuk memulihkan kesalahan dan dosa demi kehidupan yang lebih baik penuh damai sejahtera dengan sesama dan lingkungan hidup sekitarnya. Kesalahan dan dosa yang telah dilaksanakan merupakan bagian dari proses yang menghancurkan dan mematikan makluk hidup tetapi selalu ada kesempatan baru untuk bangun dan bangkit lagi memulai hidup kembali. Untuk menumbuhkan harapan tersebut agar hidup iman terus berkembang menjadi lebih matang dan mantap dengan akar yang kuat dan dalam, baik dalam Kitab Sci, tradisi Gereja maupun budaya setempat, maka buku ini diterbitkan dan dipersembahkan ke hadapan pembaca.

Menggugat Logika APBN

Published by:

Menggugat LOGIKA APBN - depanPenulis : Fary Dj. Francis & Desmond J. Mahesa
Harga : Rp. 55.000
Tebal : 260 hlm.
Ukuran : 140mm x 210mm
Kertas isi : Bookpaper 60 gr
Kertas Cover : Ivory 230gr, doft laminating
ISBN : 978-979-9447-03-8

Dalam buku ini sidang pembaca dapat menyimak dengan sepenuh kebebasan yang dimiliki bagaimana seluk beluk penganggaran negara di pihak legislatif yang mungkin masih awam bagi banyak orang. Dengan gaya rekomposisi yang ringan, saudara penulis mencoba membawa sidang pembaca masuk ke area-area strategis di mana APBN diproses hingga layak dieksekusi. Upaya ini saya pandang sangat bermanfaat karena hanya dengan memahami proses penganggaran secara benar, rakyat Indonesia bisa turut mengawal implementasi APBN di lingkup dan jangkauan kewenangan masing-masing dapat dilakukan secara benar pula.
“Dalam kondisi di mana setiap wakil rakyat di DPR RI sedang menjadi sasaran sorotan publik dalam segala aspek dan gerak gerik mereka, kehadiran buku ini seperti oase di padang gurun yang dapat memberikan kelegaan baik kepada wakil rakyatnya sendiri maupun rakyat konstituennya.”

You might also likeclose