Daily Archives: Agustus 8, 2015

Konsili Yohanes XXIII Berpancawindu 1962-2002

Published by:

KONSILI XX3Editor : Georg Kirchberger – John M. Prior
Jumlah halaman : 203 halaman
Jenis Kertas : HVS 60 gram
Cover : Ivory 230 grm doft
Harga : Rp. 30.000

Konsili Vatikan Kedua sudah menjadi satu moment penting dalam sejarah Gereja Katolik modern. Konsili ini dicetuskan dan dibuka oleh Paus Yohanes XXIII dan sudah meletakan dasar-dasar pembaruan bagi Gereja Katolik. Namun, apakah dasar itu sungguh bergema dalam praktik Gereja selanjutnya. Kini, setelah empat puluh tahun dimulainya Konsili itu, perlu dibuat sebuah refleksi kritis. Buku ini menampilkan sejumlah tulisan yang mengangkat beberapa pokok penting dari Konsili dan melihat dampaknya dalam perkembangan selanjutnya. Dicatat sejumlah kemajuan dalam interpretasi kreatif atas dokumen-dokumen Konsili, tetapi ada juga sejumlah kemunduran. Hal-hal ini perlu menjadi tantangan semua umat beriman yang ingin meneruskan semangat Konsili: menjadi solider dengan dunia dan permasalahnnya.

Imam Masa Kini

Published by:

Imam Masa Kini - depanEditor : Donal J. Georgen
Terjemahan : Konrad Kebung
Jumlah halaman : 231 halaman
Jenis Kertas : HVS 60 gram
Cover : Ivory 230 grm doft
Harga : Rp. 31.000
Imamat dan pelayanan iman merupakan tema yang banyak dibicarakan dewasa ini. Hal ini disebabkan terutama oleh krisis martabat imamat itu sendiri di dalam Gereja Katolik dan krisis penghayatan imamat oleh para imam. Masalah imamat bukanlah hanya persoalan para imam. Sebab itu, dibutuhkan penajaman pemahaman tentang identitas imam bagi seluruh umat dan pendalaman komitmen untuk sepuluh pengarang yang mencoba memperjelas berbagai masalah yang kini masih terasa kabur dan berusaha mencari jalan keluar, baik bagi para imam maupun untuk seluruh umat. Tema-tema seperti imamat dan selibat serta imamat dan keterlibata sosial diuraikan satu model pendekatan yang selaran zaman, namun tetap berpijak pada tradisi Gereja.

Allah Akbar-Allah Akrab

Published by:

Allah Akbar Allah Akrab - depanPengarang : Philipus Tule, SVD
Jumlah halaman : 176 halaman
Jenis Kertas : HVS 60 gram
Cover : Ivory 230 grm doft
Harga : Rp. 35.000

Pembinaan kerukunan antarumat beragama adalah satu keharusan bagi bangsa yang majemuk seperti bangsa Indonesia. Pendekatan yang dipakai dalam rangka pembinaan ini mestilah pendekatan kontekstual. Artinya, kita perlu bertolak dari penghayatan konkrit dalam kehidupan beriman di dalam agama dan antaragama, dan dari analisis kontekstual ini dapat diberikan masukan kritis dan kostruktif bagi perkembangan kehidupan antarumat bergama selanjutnya. Buku ini mempresentasikan sejumlah pemikiran filosofis dan teologis dari latar belakang Katolik, Kristen dan Islam serta pandangan berbasis budaya yang dapat digunakan untuk menyoroti praksis kehidupan beragama di tengah kondisi plural masyarakat NTT.

Mengenal dan Mencintai Muslim dan Muslimat

Published by:

Mencintai muslim muslimat - depanPengarang : Philipus Tule, SVD
Jumlah halaman : xv+ 251halaman
Jenis Kertas : HVS 60 gram
Cover : Ivory 230 grm doft
Harga : Rp. 57.000

Mengenal merupakan prasyarat untuk mencintai. Di dalam satu masyarakat plural dari segi keagamaan seperti masyarakat Indonesia, diperlukan satu kesediaan salig mencintai antarsesama warga. Sikap mencinta ini menuntut pengenalan. Karena ini, buku ini berusaha memaparkan beberapa hal pokok yang mesti dikenal oleh orang-orang bukan muslim dan muslimat agar dapat mencintai saudara-saudarinya yang beragama Islam, menyusul satu ulasan yang mendetail tentang ajaran Islam sebagai konteks kelahiran, pertumbuhan dan pembaharuan di dalam Islam. Selanjutnya diuraikan teologi Islam menyangkut aliran-aliran teologi, rukun Islam, rukun iman, Qur’an, Marialogi dan Allah Trinitas menurut Qur’an. Setelah uraian tentang teologi Islam, penulis memaparkan konsep-konsep dasar dalam Filsafat Islam dan para filsuf yang tekenal. Buku ini diakhir dengan sejumlah gagasan penting mengenai pastoral dialog dengan Islam.

TEOLOGI TERLIBAT – Politik & Budaya dalam Terang Teologi

Published by:

TEO TERLIBATPengarang : Paulus Budi Kleden, SVD
Jumlah halaman : xii+ 236 halaman
Jenis Kertas : HVS 60 gram
Cover : Ivory 230 grm doft
Harga : Rp. 35.000

Bertolak dari gagasan bahwa Allah terlibat dalam seluruh perjalanan sejarah dunia dan umat manusia buku ini mencoba menunjukkan makna keterlibatan seorang katolik dalam berbagai bidang kehidupan secara khusus bidang politik dan kebudayaan. Secara berturut-turut pengarang menunjukkan dasar, bentuk dan konsekuensi keterlibatan seorang katolik dalam upaya transformasi adat istiadat, dalam bidang pendidikan, HAM dan Kebudayan, pendasaran etika politik, pembentukan spiritualitas pembangunan, pemanfaatan otonomi daerah, pencegahan disintegrasi bangsa dan keterlibatan dalam partai-partai politik.

Memperkenalkan Teologi Feminis

Published by:

Memperkenalkan Teol. Feminis - depanPengarang : Anne M. Clifford
Jumlah halaman : x + 445 halaman
Jenis Kertas : HVS 60 gram
Cover : Ivory 230 grm doft
Harga : Rp. 70.000
Isi Ringkas :
Teologi Feminis adalah satu cara berteologi yang semakin aktual dan mendapat perhatian semakin banyak orang. Di tengah berbagai upaya menafsir ajaran-ajaran kristiani dari perspektif kaum feminis buku ini memberikan sebuah panduan yang membantu memperoleh kejelasan. Secara berturut-turut pengarang memperkenalkan sisi tilik (perspektif) kaum feminis terhadap kitab suci, konsep tentang Allah, pandangan perempuan tentang Gereja, spiritualitas dan ekologi. Dengan menunjukkan sejumlah contoh teologi feminis yang dikembangkan di belahan bumi utara maupun selatan pengarang berhasil memperkenalkan upaya kontekstualisasi yang dilaksanakan oleh para teolog feminis.

Model-Model Teologi Kontekstual

Published by:

Model-Model Teologi Kontekstual - depanPengarang : Stephen B. Bevans
Jumlah halaman : xxii + 311 halaman
Jenis Kertas : HVS 60 gram
Cover : Ivory 230 grm doft
Harga : Rp. 50.000

Kontekstualisasi telah menjadi satu paham sentral dalam teologi kristen. Namun gagasan ini sering dipakai dalam bermacam cara yang tidak jarang membingungkan. Setelah memberikan pendasaran untuk satu pemahaman yang tepat untuk kontekstualisasi, pengarang menunjukkan enam “model” kontekstualisasi yang terjadi dalam teologi dewasa ini. Untuk setiap model teologi pengarang memperkenalkan gagasan seorang teolog dari belahan bumi utara dan seorang teolog dari belahan bumi selatan. Dengan demikian pengarang di dalam buku ini memaparkan baik konsep teoritis dari setiap model maupun aplikasi konkritnya dalam konteks-konteks tertentu.

Memahami Ibadat Harian – Doa Tanpa Henti Dari Semua Anggota Gereja

Published by:

MEMAHAMI IBADAT HARIANPengarang : Bernardus Boli Ujan, SVD
Jumlah halaman : 103 halaman
Jenis Kertas : HVS 60 gram
Cover : Ivory 230 grm doft
Harga : Rp. 20.000
Isi Ringkas :
Buku ini memberikan pendasaran terhadap ibadat harian (doa brevir) yang sudah dipraktekkan selama berabad-abad di dalam Gereja Katolik. Dengan menunjukkan asal-usul dan perkembangan ibadat harian pengarang bermaksud membuktikan bahwa ibadat harian (doa brevir) bukanlah ibadat khusus para klerus dan biarawan-biarawati melainkan ibadat semua umat beriman. Pengarang menjelaskan secara komprehensif tata ibadat, unsur-unsur, makna serta simbol-simbol ibadat harian. Buku ini diakhiri dengan sejumlah pedoman pastoral dalam melaksanakan ibadat harian (doa brevir).

ETIKA KRISTIANI 4: Kewajiban Moral Dalam Hidup Sosial

Published by:

Etika Kristiani 4Pengarang : Karl-Heinz Peschke SVD
Jumlah halaman : xvi + 306 halaman
Jenis Kertas : HVS 60 gram
Cover : Ivory 230 grm doft
Harga : Rp. 50. 000
Isi Ringkas :
Jilid terakhir Etika Kristiani berbicara tentang “etika sosial”. Uraian moral sosial ini dimulai dengan pendasaran tentang tanggung jawab moral dalam kehidupan bersama. Setelah itu dibahas kewajiban-kewajiban moral seorang kristen dalam kelompok-kelompok sosial mulai dari yang terkecil ke persekutuan yang makin besar: kewajiban sosial dalam perkawinan, terhadap keluarga, negara dan Gereja. Buku ini diakhiri dengan uraian tentang topik-topik seperti kerja, harta milik dan ekonomi serta kewajiban terhadap lingkungan.

ETIKA KRISTIANI 3: Kewajiban Moral Dalam Hidup Pribadi

Published by:

Pengarang Etika Kristiani 3: Karl-Heinz Peschke SVD
Jumlah halaman : xiv + 380 halaman
Jenis Kertas : HVS 60 gram
Cover : Ivory 230 grm doft
Harga : Rp. 60. 000
Isi Ringkas:
Jilid III mencermati bidang yang dapat dilukiskan sebagai “etika personal”: kehidupan dan kesehatan jasmani; kehormatan, kejujuran dan kesetiaan; seksualitas. Secara komprehensif tema-tema aktual di atas dibahas bertolak dari gagasan-gagasan pokok iman kristen yang dihadapkan dengan permasalahan-permasalahan manusia modern seperti soal perawatan dan operasi medis, penelitian dan manipulasi genetik, persoalan bunuh diri, euthanasia, persoalan kejujuran, pemfitnahan, dusta, kesetiaan, etika media komunikasi. Buku ini diakhiri dengan pembahasan yang luas tentang seksualitas dan perkawinan dengan menyajikan sejumlah pegangan umum yang perlu diperhatikan orang kristen dalam menghidupi seksualitasnya secara bertanggung jawab.

You might also likeclose