ATA PU’AN – Tatanan Sosial dan Seremonial Tana Wai Brama di Flores

Ata Pu'an - depanPenulis : Dr. E Douglas Lewis
Harga : Rp. 100.000
Tebal : 596 hlm.
Ukuran : 15.5cm x 23.5cm
Kertas isi : Bookpaper 60 gr
Kertas Cover : Ivory 230gr, doft laminating
ISBN : 978-979-9447-02-X
Buku ini merupakan satu catatan awal tentang penelitian lapangan di Tana ‘Ai. Ata Pu’an dimaksudkan sebagai yang pertama dari studi berjilid tiga tentang Ata Tana ‘Ai atau “Orang dari Negeri Hutan” di Flores tengah bagian timur. Buku ini ditujukan secara khusus untuk mempelajari organisasi sosial Tana Wai Brama, dengan bermula pada gagasan-gagasan tentang asal usul wilayah itu seperti dikisahkan dalam hikayat-hikayat lisan yang dituturkan para juru ritusnya.
Etnografi yang baik melibatkan semacam penyingkapan yang berlangsung secara teratur. Ihwal melukiskan sebuah masyarakat dan menyajikan ide-ide yang menopangnya menuntut pembabaran secara saksama. Namun apresiasi tentang pentingnya segi-segi eksposisi ini hanya bisa datang secara retrospektif tatkala etnografi berhasil membuat satu budaya lebih dipahami. Hal ini terutama berlaku untuk Ata Pu’an. Ia menelisik sebuah masyarakat yang tidak memiliki kumpulan literatur apa pun sebelumnya dan mesti merancang langkah demi langkah suatu pemahaman etnografi yang sistematis.
Namun Ata Pu’an lebih daripada sekadar etnografi tentang sebuah masyarakat yang sebelumnya tidak memiliki dokumen apa pun di kawasan timur Indonesia. Ia adalah studi tentang sebuah masyarakat yang organisasi sosialnya menyajikan beberapa variasi yang sangat mencolok dibanding pola-pola umum di seluruh kawasan itu. Dari sudut pandang perbandingan, buku ini adalah studi yang sangat penting.

You might also likeclose