MEMAHAMI IMAN DALAM DUNIA SEKULER

memahamiimanJudul : MEMAHAMI IMAN DALAM DUNIA SEKULER
Tahun : Mei 2014
Penulis : Georg Kirchberger
Harga : Rp. 30.000
Tebal : 198 hlm.
Ukuran : 140mm x 210mm
Kertas isi : HVS 60 gr
Kertas Cover : Ivory 230gr, doft laminating
ISBN : 978-602-1161-01-2

Dalam teologinya, Edward Schillebeeckx berusaha memberikan suatu jawaban iman atas pertanyaan yang muncul dari sikap dan cara berpikir modern dan sekuler. Ia mengusahakan suatu inkulturasi teologi ke dalam budaya modern. Ia yakin bahwa banyak orang modern menolak atau tidak memperhatikan injil dan warta Yesus Kristus, bukan karena mereka berkeberatan terhadap inti warta itu, melainkan karena cara Gereja mewartakan injil dan bahwa penjelasan teologi, selain tidak bisa dimengerti secara tepat, juga tidak sesuai dengan cara mereka berpikir.

Upaya untuk menginkulturasikan warta injil, yakni menciptakan suatu teologi yang bisa menjelaskan isi iman kristiani dengan gaya budaya yang dihayati oleh umat beriman di Indonesia, merupakan kebutuhan yang seringkali dibicarakan. Namun sering kali orang memahami inkulturasi sebagai usaha berbicara dengan bahasa budaya tradisional. Ini tidak salah; karena tradisi budaya yang dimiliki umat beriman di Indonesia itu kaya dan penuh arti.

Tradisi itu perlu mendapat perhatian. Akan tetapi kita mesti perhatikan juga bahwa dewasa ini berkembang suatu budaya „asli dan khas“ Indonesia yang dipengaruhi oleh banyak faktor dan arus budaya yang bersama-sama membentuk budaya yang dimiliki umat kristiani di Indonesia.

You might also likeclose