Menjebol Jeruji Prasangka: Membaca Alkitab Dengan Jiwa

MENJEBOL JERUJI PRASANGKAPengarang : John Mansford Prior
Jenis Kertas : cd IMPORT 60 gram
Cover : Ivory 230 grm doft
Jumlah halaman : xx + 510 halaman
Ukuran : 150 mm x 250 mm
Harga : Rp 50.000,-
Isi Ringkas :
Karya ini melaporkan kepada pembaca, entah itu dari kalangan ‘biasa’ atau pun ‘pakar’, proses dan hasil dari proses membaca dan mendalami Alkitab dengan pendekatan ‘tanggapan pembaca’ (reader response). Dan, yang mau ditunjukkan di sana adalah bahwa justru interaksi di antara teks dan pembaca dan pembaca dan teks yang menghasilkan suatu pemahaman yang melahirkan ilham baru.
Kita bisa melihat bagaimana kita bisa mendalami Alkitab bukan dari tumpukan buku saja melainkan dari kehidupan langsung sehari-hari. Pengalaman-pengalaman dengan ‘eksegese berbasis rakyat’ ini menelorkan pertanyaan: Bagaimana ‘pembaca biasa’ memperlakukan Alkitab dan bagaimana Alkitab memperlakukan ‘pembaca biasa’?
Kita bisa menjawab pertanyaan ini dengan lebih jelas seandainya kita mendorong kegiatan membaca/menafsir Alkitab secara ‘lintas budaya’. Maksudnya, satu teks Alkitab dibaca/ditafsir oleh ragam kelompok sosial. Sesudah itu, hasil dari setiap kelompok diperbandingkan. Dalam kelompok-kelompok multi-budaya dan juga di antara jejaringan kelompok-kelompok lintas budaya kita dapat menyelidiki proses bagaimana ‘pembaca biasa’ – dan si pakar sendiri – berwawancara dengan teks-teks Alkitab sambil membawa serta segala praduga dari lingkup budayanya masing-masing. Buku ini berisi hasil dari berbagai upaya untuk membaca, menafsir serta mamahami Alkitab dalam cara ‘lintas budaya’ ini.

You might also likeclose