Metodologi Seni Menulis Karya Ilmiah

Metodologi Seni Menulis- depanPengarang : Hendrikus Dori Wuwur
Harga : Rp. 40.000
Tebal : xvi+ 196 hal
Ukuran : 140x210mm
Kertas isi : HVS 60 gr
Kertas Cover : Ivory 230gr, doft ,laminating
ISBN : 978-979-9447-93-7

Menulis karya ilmiah adalah satu seni! Mengapa? Karena seluruh proses penulisan menuntut satu ketrampilan tinggi dalam seni mengemukakan pemikiran, lewat perumusan linguistik yang baku dan akurat. Menulis suatu karya ilmiah sesungguhnya seni meramu pikiran-pikiran dari pengarang lain ke dalam sistematisasi pemikiran sendiri. Maka prasyarat untuk itu adalah daya nalar yang kreatif dan seni berbahasa yang tinggi. Kesenian seperti ini harus dilatih, dan salah satu sarana adalah penulisan skripsi.
Selain itu penulisan karya ilmiah juga adalah satu proses belajar! Apabila seorang mahasiswa atau mahasiswi sungguh mau menghasilkan satu karya yang berbobot, yang memiliki kualitas, maka dia harus memiliki wawasan membaca yang luas, dan harus berkonfrontasi dengan pelbagai sumber ilmu. Jika proses ini diikuti secara cermat dan sungguh-sungguh, maka dia sendiri akan memperluas wawasan, dan khazanah pengetahuannya. BENYAMIN FRANKLIN mengatakan: “Keuntungan (hidup) yang paling baik adalah membuat investasi dalam ilmu.” Dan justru proses penulisan karya ilmiah adalah masa investasi ilmu yang terbaik.
Menulis skripsi adalah juga ajang latihan untuk menjadi penulis. Siapa yang sungguh-sungguh berusaha untuk merumuskan pemikirannya dengan baik dan mengembangkan daya nalar yang sistematis dapat menumbuhkan gairah untuk menulis, atau dapat menghidupkan bakat laten dalam menulis.

You might also likeclose