SEKILAS SEJARAH PEMBENTUKAN

 Berawal dari Gagasan Menerbitkan Jurnal Ilmiah Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero.

Pada tanggal 5 Oktober 2001 sidang dewan dosen STFK Ledalero memutuskan untuk menerbitkan sebuah jurnal ilmiah STFK Ledalero. Sidang itu menetapkan P. Paulus Budi Kleden, SVD dan P. Philipus Tule, SVD sebagai ketua dan wakil ketua bidang publikasi STFK Ledalero.Keputusan untuk menerbitkan Jurnal didasarkan pada kebutuhan akan sebuah medium berkala yang dimiliki STFK untuk menerbitkan artikel-artikel ilmiah. Selain itu, pembentukan Jurnal ini juga untuk memenuhi tuntutan akreditasi bagi sekolah. Dalam rangka penerbitan Jurnal dipikirkan muncullah gagasan pembentukan sebuah lembaga penerbit yang menerbitkan Jurnal Ilmiah STFK Ledalero, karya-karya ilmiah berbentuk buku dari para dosen STFK Ledalero, karya para mahasiswa yang dianggap layak terbit, hasil penelitian dan karya lembaga-lembaga lain milik Serikat Sabda Allah (SVD) seperti Pusat Peneltian Candraditya, Pusat Kerasulan Kitab Suci (PPKS) Ledalero, Sanggar Musik Arnoldus (SMAR) Ledalero, dan lain-lain.

Kebutuhan mendirikan sebuah penerbit sejalan dengan gagasan P. Georg Kirchberger yang berkeinginan untuk menjadikan biro penerbitanLembaga Pembentukan Berlanjut Aarnoldus Janssen (LPBAJ) Ledalero yang sedang dipimpinnyamenjadi sebuah penerbit berbadan hukum yang dikelolah oleh Yayasan dalam skala yang lebih besar dan melibatkan lebih banyak orang.

Untuk mewujudkan gagasan tersebut, dibentuklah sebuah tim kecil yang terdiri dari P. Georg Kirchberger, P. Hendrik Dori, P. Philipus Tule dan P. Paulus Budi Kleden. Tugas tim ini ialah mendesign dan memikirkan bagaimana penerbitan Jurnal dan pembentukan Penerbit bisa diwujudkan.

Setelah melewati berbagai pembahasan yang panjang, Tim ini kemudian memutuskan membentuk sebuah penerbit dengan menggabungkan biro penerbitan LPBAJ menjadi sebuah penerbit baru berbadan hukum yang diberi nama Penerbit Sang Sabda yang kemudian berubah nama menjadi Penerbit Ledalero.

Seperti STFK Ledalero secara yuridis Penerbit Ledalero merupakan salah satu lembaga milik yayasan Santo Paulus. Oleh karena itu pada tanggal 08 Juni 2002, YASSPA mengeluarkan Surat Keputusan Nomor: 552/YSP/DP/F.2/2002 tentang Pembentukan Lembaga Penerbit Ledalero yang bertugas mengkoordinasi kegiatan ilmiah dan mempublikasikan karya-karya ilmian para dosen dan mahasiswa STFK Ledalero. Dan tanggal 08 Juni 2002 ditetapkan sebagai hari kelahiran Penerbit Ledalero.

VISI DAN MISI PENERBIT LEDALERO:

 Visi:

Penerbit Ledalero hendak memberikan sumbangannya dengan menyajikan bahan-bahan bacaan ilmiah dan bermutu bagi masyarakat umumnya dan warga Gereja pada khususnya sebagai masukan bagi mereka dalam usahanya untuk memberdayakan dirinya menuju masyarakat yang cerdas, kritis dan dewasa.

Misi:

Untuk melaksanakan misi di atas Penerbit Ledalero berusaha untuk:

    • mengkoordinasikan berbagai kegiatan publikasi di ling­kungan STFK Ledalero.
    • Melayani kebutuhan ilmiah bagi kalangan ilmuwan dan masyarakat pada umumnya.
    • Memberikan sumbangan pemikiran ilmiah untuk mendam­pingi masyarakat dalam usaha pemberdayaan dirinya.

TENTANG NAMA ‘LEDALERO’

 Pada wacana awal pembentukannya, penerbit ini diberi nama Penerbit Sang Sabda. Setelah melalui diskusi dan pertimbangan berdasarkan visi dan misi penerbit maka diputuskan untuk diberi nama Penerbit LEDALERO.

Sampai saat ini masih terjadi silang pendapat tentang pengertian dan asal kata Ledalero. Dalam konteks penerbitan dan publikasi nama Ledalero dipilih berdasarkan pengertian morfologis, sambil tetap menghargai perbedaan pendapat tentang kebenaran asal usul nama dan pengertian Ledalero.

Nama ‘Ledalero’ diambil dari nama tempat dimana penerbit ini berada. Ledalero berasal dari kata bahasa Sikka ‘Leda’ dan ‘ Lero’. Dalam pengertian ini, leda berarti sandaran dan lero berarti matahari. Secara harafiah ‘ledalero’ berarti ‘sandaran matahari yang oleh masyarakat setempat sering diibaratkan sebagai bukit atau tempat matahari bersandara atau tempat matahari bertengger untuk memancarkan cahaya ke berbagai bukit dan lembah.

Dalam pengertian bukit sandaran matahari, Penerbit Ledalero adalah sebuah penerbit yang menjadikan dirinya sebagai tempat sandaran “cahaya matahari” kebijaksanaan; ilmu pengetahuan dan ajaran iman serta moral yang senantiasa dipancarkan ke segenap penjuru jagat.

BIDANG PENERBITAN

Sesuai visi-misi dan filosofi namanya, penerbit Ledalero ingin menjadi sumber inspirasi yang memberi cahaya pencerahan bagi warga masyarkat pada umumnya dan warga Gereja pada khususnya dalam usahanya memberdayakan diri menuju masyarakat bermartabat, beriman, cerdas, kritis dan dewasa. Karena itu perhatian penerbitan Penerbit Ledalero mencakupi bidang Teologi, Kitab Suci dan Liturgi, Pastoral, Etika, Filsafat, Antropologi, Seni Budaya, Pendidikan, Gereja dan Masyarakat, Sosiologi, Psikologi, dan lain sebagainya.

MITRA PENERBIT LEDALERO:

      1. Mitra Penerbit: Di bidang penerbitan buku selain terbuka dan menjalin kerja sama dengan semua penulis lokal, kami juga menjalin kerjasama penerbitan dengan penerbit asing seperti Catholic Foreign Mission Society of America,Inc /Orbis Books, Ignatius Press, Macmillan Publisher, Libreria Editrice Vaticana, dan lain-lain.
      2. Mitra Pemasaran: Dibidang pemasaran kami bekerja sama dengan Group PT. Suka Buku Jakarta dan CV. Solusi Distributor Yogyakarta serta Toko-Toko Buku dan Distributor Buku yang tersebar di seluruh Indonesia.
  • Distributor Kupang: Frans Wayan – Alamat: Perpustakaan UNIKA KUPANG, Jl. A. Yani No. 50-52, KUPANG (HP:081339407106)
  • Distributor Ruteng: Anselmus Waton (HP: 081339291324)
  • Distributor Kalimantan: Philipus Wuring – Alamat: Jl. MT. Haryono/KM.3 RT.32. Kelurahan Kapuas Kanan Hulu, Sintang, Kalimantan Barat. (HP.: 08125675091/081352290452)
  • Toko Buku Penerbit Ledalero: Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero-Maumere 86152, Flores – NTT, Email: ledaleropublisher@yahoo.com. CP:(HP) 0821 462 27381, 0821 450 00075